Senin, 17 November 2008

Rencana Stratejik Pribadi

Perusahaan menyusun rencana. Para wirausaha (tidak semua) melakukannya juga. Banyak bisnismen sukses mempunyai suatu rencana stratejik untuk membantu mereka memperoleh ketajaman berpikir dan fokus.
Perusahaan punya ketajaman dan fokus. Kita secara pribadi pun juga perlu, bila ingin mencapai masa depan yang kita harapkan.
Sisihkan waktu beberapa jam bulan ini untuk membayangkan Masa Depan Anda 3 tahun ke depan.
Jangan memikirkan pada hal-hal kecil. Bawa imajinasi Anda menuju masa depan.
Tentukan enam atau tujuh aspek hidup pribadi yang amat penting Misalnya: :
Keluarga - Rohani - Perjalanan - Kesehatan - Sosial - Intelektual - Keuangan
Di tiap aspek ini, kembangkan jelas apa yang Anda mau capai. Apa yang mungkin, bagaimana yang Anda cita-citakan dalam aspek-aspek ini. Jelaskan sebaik-baiknya seperti apa itu dan bagaimana rasanya ketika Anda mencapai cita-cita di tiap bidang itu. Tuliskan seakan akan itu telah terjadi sekarang. Inilah gambaran masa depan Anda.
Bila Anda mampu menjelaskan masa depan yang Anda harapkan, pada setiap bidang yang penting tersebut, maka visi itu menjadi bagian dalam kehidupan Anda. Visi yang jelas itu membantu Anda menetapkan arah, memberikan motivasi, energi, motivasi, tujuan, dan arah. Hidup ini diisi oleh berbagai kesempatan, dan setiap kesempatan tidak akan terlewat begitu saja.
Banyak orang yang sibuk dengan tugas-tugas pribadi yang tidak tentu arah dan tujuannya. Ada kutipan abad pertengahan mengatakan "The mass of men lead lives of quiet desperation".
Banyak orang yang tidak seimbang hidupnya. Tujuannya cuma uang, uang dan uang, dan dia harus membayarnya dengan sakit kronis, perkawinan berantakan, tidak punya teman, tanpa pengembangan pribadi dan hobi. Semua bisnis dan bisnis dan bisnis.
Oleh sebab itu, dengan menetapkan dan mengejar rencana pribadi yang seimbang itu, Anda akan meningkatkan energi, motivasi, dan perasaan puas. Semua bersinergi pada keberhasilan hidup Anda. Dengan kata lain, kebahagiaan Anda. Itulah pilihan Anda.
It`s your choice to make. Most people are as happy as they choose to be.
Get busy developing that for yourself... Get a Life!!

Disadur dan dikembangkan dari tulisan Gary Lockwood, BizSuccess newsletter - http://www.bizsuccess.com/newsletter.htm

Tidak ada komentar: